headerphoto

DIMENSI UKURAN GAMBAR

Rabu, 30 Desember 2009 03:47:51 - oleh : admin

DIMENSI

( PENCANTUMAN UKURAN GAMBAR )

 

 

Pemberian ukuran pada gambar kerja merupakan hal yang harus dilakukan oleh para perancang, agar gambar tersebut dapat dimengerti oleh orang lain. Sehingga rancangan yang dihasilkan dapat diwujudkan dan dikerjakan sesuai dengan keinginan perancang.

Tata cara pencantuman ukuran gambar pada AutoCAD tidak sulit dilakukan, karena berbagai jenis ukuran gambar dan cara penempatan garis ukuran dapat dikerjakan dengan mudah misalnya: garis ukuran  linier vertikal maupun horisontal atau miring sekalipun, ukuran sudut, ordinat, radius dan diameter. Toleransi juga dapat dicantumkan dalam ukuran gambar dengan memakai simbol – simbol toleransi sesuai dengan standar yang berlaku. 

Contoh berbagai ukuran yang dapat diperoleh pada AutoCAD, sebagai berikut :

A.     ELEMEN UKURAN

 

Ukuran gambar atau dimensi sangat banyak jenis variasi dan tampilanya, yang sering diperhatikan orang lain teks ukuran (dimension text), garis ukuran (dimension lines), garis ekstensi (extension lines) dan kepala panah (arrowheds) dsb.

 

-        Teks ukuran ( dimension text ) :

Menunjukan angka yang sebenarnya (aktual) dari pengukuran yang dilakukan pada gambar. Angka ini dapat dikombinasikan dengan penambahan prefix, suffix, toleransi serta simbol bila diperlukan.

 

-        Garis ukuran (dimension lines) :

Menunjukan antara dua titik yang diukur, pada ukuranini biasanya terdapat kepala panah (arrowheads). Teks ukuran ditempatkan pada garis ukuran.

 

-        Kepala panah (arrowheads):

Ditampilkan di kedua ujung garis ukuran, AutoCAD menyediakan berbagai bentuk kepala panah yang lazim dipakai pada gambar teknik. Besarnya kepala panah dapat siatur.

 

-        Garis ekstensi (Extension lines) :

Perpanjangan garis yang berasal dari obyek gambar ke garis ukuran. Garis ekstensi digambarkan tegak lurus terhadap garis ukuran.

 

-        Tanda center ( center mark) :

Memberi tanda center sebuah lingkaran atau busur. Tanda center ini dapat pula diganti dengan garis sumbu ( center lines).                                                     

  

B.     MEMBUAT UKURAN

     

AutoCAD menyediakan 11 (sebelas) jenis ukuran gambar yang dapat digunakan pada gambar . untuk membuat gambar dapat dilakukan melalui menu dimension kemudian diikuti oleh jenis ukuran yang diinginkan. Perintah pemberian ukuran ini dapat pula dilakukan melalui tombol icon yang dapat ditampilkan pada layar. Cara penampilan toolbar dimension dapat dilakukan dengan menu view kemudian pilih toolbar sehingga dialog box Tolbar akan tampil (gambar 28).

  

C.     PENGATURAN FORMAT UKURAN

     

      Dimension style disebut juga pengaturan format ukuran perlu diperhatikan dengan baik sebelum pencantuman ukuran gambar dilakukan. Hal ini disebabkan karena satuan ukuran gambar utama (primary units) maupun satuan ukuran gambar alternatif ( alternate units) perlu diatur terlebih dahulu. Pengaturan format ukuran dapat dilakukan melalui menu format kemudian pilih dimension style atau dapat juga melalui tombol icon atau diletikan langsung pada command prompt dengan perintah dimstyle.

 

        Command : dimstyle

        Dialog box akan tampil sebagai berikut : 

      Format pengukuran iso- 25 merupakan default dimension style dari AutoCAD 2000. Bila menginginkan membuat dimension style yang lainnya pilih/tekan New sehingga dialog box Create New Dimension Style muncul pada layar. 

 

      Dimension style dapat diberi nama sendiri pada tab new style name sehingga format yang baru memiliki nama sendiri. Hal ini sangat menguntungkan karena default dimension style ( ISO -  25) tidak berubah, yang diubah dan diberi nama baru hanyalah duplikat ( copy) dari ISO –25saja.

 

Pada dialog box dimension style terdapat beberapa pilihan (tabs) untuk mengubah format pengukuran antara lain :

·        Lines and arrow             :

Format garis ukuran ( dimension lines),garis ekstensi (ekastension lines), kepala panah ( arrowheads), dan tanda senter/pusat (center mark).

 

·        Text                             :

Mengatur tampilan teks, penulisan dan penempatan/ posisi teks.

 

·        Fit                                :

AutoCAD akan menempatkan teks diantara kedua garis ekstensi,akan tetapi apabila ditemui jarak antara garis ekstensi tersebut tidak cukup ruang untuk penulisan teksnya  maka penulisan penempatan teks dapat mengikuti aturan yang ditetapkan pada pilihan fit ini.

 

·        Primary units                 :

Satuan utama yang digunakan sebagai konversi dari satuan gambar (unit drawing). Format unit dan banyakny angka dibelakang koma (point) disamping prefix dan suffix serta faktor skala dapat diatur di tab ini. 

 

·        Alternate units :

Merupakan satuan alternatif (kedua) yang bila diperlukan dapat ditampilkan sebagai pendamping dari satuan utama.

 

·        Tolerance :

Mengatur cara penulisan dan penempatan angka besarnya toleransi yang dipandang perlu untuk dicantumkan pada gambar. Jenis toleransi yang tersedia antara lain: toleransi simetris ( symmetrical), deviasi(deviation), limits.

 

1.1  MENGHILANGKAN ANGKA NOL

     

Angka nol yang terletak didepan atau dibelakang koma dapat dihilangkan dengan mengaktifkan leading dan trailing pada dimension style ( zero suprresion) pada tab Primary Units.

·        Jika suprres leading zeros aktif maka angka 0.500 akan dituliskan menjadi.500.

·        Jika suprres trailing zeros aktif maka 0.500 akan angka dituliskan menjadi 0.5.

·        Apabila keduanya diaktifkan maka 0.5000 akan ditulisan menjadi .5 dan 0.0000 ditulis menjadi 0.

 

 

1.2  PENGATURAN LINES AND ARROWS

 

      Pemakaian tab lines and arrows pada dialog box dimension style dapat untuk mengatur nilai garis ukuran, garis ekstensi, besar kepala panah, dan tanda senter. Disamping itu dapat pula diatur warna, tebal garis dan sebagainya. 

 

1.3  PENGATURAN UKURAN TEKS

 

      Dengan memakai tab text pada dimension style dapat dilakukan untuk mengatur tampilan teks, penempatan dan posisi teks pada gambar. Disamping dapat pula diatur warna huruf dan jenis huruf yang dipakai.

  

1.4  PENULISAN TOLERANSI

 

Pengaturan cara pencantuman toleransi pada ukuran gambar dapat dilakukan pada tab Tolerance. Pilihan tampilan toleransi antara lain: toleransi simetris, deviasi, limits serta basic. 

 

 D.    PERINTAH PEMBUATAN UKURAN

            Berikut ini perintah-perintah yang dipakai dalam membuat ukuran:

 


·        Linear                     Dimlinear

 


·        Aligned                   Dimaligned

 


·        Ordinate                 Dimordinate

 


·        Radius                    Dimradius

 


·        Diameter                Dimdiameter

 


·        Angular                  Dimangular

 


·        BaseLine                Dimbaseline

 


·        Continue                 Dimcontinue

 


·        Leader                   Qleader

 


·        Tolerance               Tolerance

 


·        Center Mark          Dimcenter

 

2.1  Linier

    

     Pada ukuran linier ini terdapat pilihan antara lain ukuran horizontal, vertikal dan rotated. Untuk mengantikan nilai angka/ukuran dapat memakai mtext atau tex, posisi teks angka ukuran dapat diatur dengan menggunakan angle.

      

       Contoh:

Command: dimlinear

Specify first extension Line origin or < select object  >:

Specify second extension Line origin:

Specify Dimension Line location or

[ Mtext/Text/Angle/Horizontal/Vertikal/Rotated]:

Dimension text:

 

Gbr. 2.1 Penggunaan Dimlinear

 

2.2  Aligned

      Aligned merupakan bagian ari perintah ukuran yang berfungsi mirip dengan Dimension Linier. Bedanya Aligned berfungsi untuk mengukur bidang tidak sesumbu terhadap sumbu X maupun terhadap sumbu Y.

Command:dimaligned

Specify first extension Line origin or < select object  >:P1

Specify second extension Line origin: P2

Specify Dimension Line location or

[ Mtext/Text/Angle]:

Dimension text:34,64 

 

2.3  Ordinate

Ordinat berfungsi sebagai penunjuk ordinat X dan Y yang ditampilkan dengan menggunakan garis bantu sederhana. Atau lebih dikenal sebagai datum dimension. Xdatum berfungsi sebagai penunjuk pada sumbu koordinat X dan Ydatum berfungsi sebagai penunjuk pada sumbu koordinat Y.

 

      Command:dimordinate

Specify feature location:

Specify leader endpoint or [Xdatum/Ydatum/Mtext/Text/Angle]:

Dimension text:

Lihat hasil pada gambar 2.3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


2.4  Radius

Command: dimradius 

Select arc or circle:

Dimension text =

Specify dimension line location

or [Mtext/Text/Angle]: 10

Lihat hasil pada gambar 2.4

 

 

 

2.5  Diameter

Command: dimdiameter

Select arc or circle:

Dimension text=

Specify dimension line location or

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Enginering" Lainnya